Kain Batik


Kain Batik khas Tulungagung..

Batik khas Tulungagung ini tidak berbeda jauh dengan batik batik yang berasal dari pulau jawa. Hanya saja motif batik khas tulungagung ini lebih berani dalam memberi warna yang terang di setiap desain batiknya. Warna hitam dan coklat menjadi sebuah kekuatan yang paling banyak di pakai Kain Batik khas Tulungagung ini tidak berbeda jauh dengan batik batik yang berasal dari pulau jawa. Hanya saja motif batik khas tulungagung ini lebih berani dalam memberi warna yang terang di setiap desain batiknya. Warna hitam dan coklat menjadi sebuah kekuatan yang paling banyak di pakai, batik di Tulungagung ini memiliki ciri khas tesendiri dimana ciri khas ini yang membuat batik ini terkenal Jika batik pada umumnya berwarna gelap dan dominan hitam atau coklat, maka batik di Tulungagung ini lebih berani menggunakan permainan warna yang lebih terang dan cerah.

Seperti yang kita tahu, membuat batik bukan merupakan proses yang mudah. Selain memerlukan kesabaran, membuat batik juga memerlukan ketlatenan Jika dulu batik hanya digunakan untuk dibuat jarit sebagai bawahan dari baju atau biasa disebut dengan ‘nyamping’ dan warnanya masih klasik, sekarang sudah ada perubahan dengan memadukan warna-warna sehingga dapat berubah untuk keperluan sektor lain. Yang membedakan batik Tulungagung dengan batik yang lainnya adalah motif dan kekuatan warna yang khas. Di Batik Gajah Mada ini terdapat 4 motif yang khas. Yaitu motif sekar jagad rante yang dipatenkan, motif granit biota indah, motif teratai emas, dan motif sekar jagad ungker. Terdapat perbedaan yang jelas antara teknik pembuatan batik tulis, batik cap, dan batik printing (sablon). Dimana diantara ketiga teknik tersebut, batik tulislah yang paling halus kualitasnya.

Disini tidak hanya memproduksi kain batik saja namun juga memproduksi kebutuhan busana bepergian yang dapat diminati oleh generasi tua maupun generasi muda. Misalnya seperti atasan, rok, bahkan sajadah juga diproduksi disini. Produksi-produksi ini dapat kita lihat di galerinya yang berada di depan proses pembuatannya. Untuk harga cukup terjangkau, untuk batik tulisnya mulai dari 300 ribu hingga jutaan tergantung dari kerumitan dan kualitas pembuatan. Kampung Batik Gajah Mada ini berlokasi di desa Mojosari kecamatan Kauman Kalangbret Tulungagung bagian barat.

Informasi Dan Pemesanan Silahkan Hubungi CS Kami

DEVI

WA/Telp : 0852 3621 1997

E-mail : cistulungagung@gmail.com

http://cistulungagung.com/

       
tel:085236211997
 
Devi
(WA) 085236211997

Produk khas lainnya Kain Batik






Hak cipta © CIS TULUNGAGUNG dan didukung oleh CIS TULUNGAGUNG.